Aplikasi Kasir Excel Gratis dan Full Version

Bagi seorang programmer sudah paham dengan istilah Visual Basic for Applications (VBA). Namun bagi orang awam, tentunya pengetahuan mereka hanya terbatas pada aplikasi-aplikasi yang kompatibel dengan Microsoft Excel. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kami ingin membahas bagaimana cara membuat program kasir lengkap dengan menggunakan VBA di Microsoft Excel, yang bisa Anda gunakan.

Bahasa pemrograman yang dirancang oleh Microsoft ini sebenarnya merupakan perpaduan antara bahasa pemrograman Visual Basic dan environment pemrograman yang berhubungan dengan editor Visual Basic.

Aplikasi Kasir Excel Gratis dan Full Version


Programmer dan pengembang aplikasi akan mendapatkan banyak kemudahan dengan adanya VBA. VBA mempermudah mereka untuk mengembangkan dan membuat program visual basic yang terdapat dalam aplikasi utama, yaitu Microsoft Office. Program-program tersebut dirancang untuk digunakan dengan aplikasi lain.

Saat ini, versi terbaru dari Visual Basic for Applications (VBA) adalah VB.NET edisi 2017, yang beroperasi pada.NET CLR. Versi ini kompatibel dengan semua aplikasi Microsoft Office, termasuk Word, Excel, Access, Power Point, Outlook, Visual Studio, dan Front Page.

Beragam Manfaat Menggunakan VBA

Salah satu manfaat Visual Basic for Applications (VBA) adalah mengotomatisasi sistem. Pekerjaan yang berulang-ulang dapat diselesaikan secara otomatis dengan memanfaatkan VBA.

Fungsi utamanya tentu saja untuk menyederhanakan dan meningkatkan efisiensi pekerjaan. Proses input atau memasukkan data dan perhitungan di Excel dapat dilakukan secara otomatis, sehingga manusia dapat dimudahkan.

VBA dibuat untuk menjalankan beragam "tugas" sejak awal pengembangannya. Personalisasi program Microsoft Office dan Microsoft Visual Studio adalah salah satu dari fungsi VBA.

VBA dan Microsoft Visual Basic tidak dapat disamakan dalam prosesnya. Satu satu perbedaannya adalah VBA dibuat di dalam Microsoft Office, untuk mengatur beragam tindakan yang telah diprogram sebelumnya.

Sementara Microsoft Visual Basic dikembangkan untuk membuat program yang lebih rumit, berjalan pada sistem operasi Windows, sekaligus di dalam Microsoft Office, Visual Basic juga dirancang untuk menyediakan fitur pemrograman yang lebih canggih.

Cara Membuat Aplikasi Kasir dengan Excel

Bahasa pemrograman VBA mudah dipelajari, dan memiliki banyak keunggulan. Namun, bagi Anda yang sama sekali belum pernah menggunakan Visual Basic for Applications (VBA) akan menjadi tantangan tersendiri.

Untuk itu, pada tulisan ini, kami tidak akan memberikan cara-cara rumit yang dapat digunakan untuk membuat software kasir menggunakan Excel. Kami hanya ingin memberikan penjelasan dasar mengenai beberapa rekomendasi yang berguna untuk memanfaatkannya.

1. Dasar yang Kuat dari Bahasa Pemrograman VBA

Memang benar bahwa VBA jauh lebih mudah digunakan daripada Visual Basic, tetapi bagi Anda yang tidak pernah mempelajari Visual Basic sejak awal, menjadi tantangan untuk bisa memahami VBA. 

Oleh karena itu, Anda harus memiliki dasar yang kuat dalam bahasa pemrograman ini sebelum membuat aplikasi di Excel. Pertanyaan selanjutnya, adalah di Excel, apa sebenarnya VBA itu?

Microsoft Visual Basic for Applications (VBA) adalah bahasa pemrograman turunan dari bahasa komputer yang dikenal sebagai Visual Basic. VBA telah tersedia di pasaran sejak tahun 1993. VBA digunakan untuk membuat aplikasi berbasis Excel.

2. Buatlah Proyek yang Sederhana, Konkret, dan Bermanfaat

Buatlah sebuah proyek atau aplikasi sederhana yang berfokus pada troubleshot nyata. Bentuk aplikasi yang paling sederhana adalah menghitung bentuk penjumlahan, perkalian, dan pengurangan misalnya, dalam aplikasi kasir.  

Pikirkanlah sebuah masalah, kemudian pecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, bagi setiap masalah dalam sebuah modul, dan kemudian selesaikan masalah tersebut. Jika pengujian kode pemrograman berhasil, silakan lanjutkan ke tahap berikutnya. Begitu seterusnya hingga lama-kelamaan Anda akan terbiasa dengan bahasa pemrograman VBA.

3. Debugging

Selama proses pembuatan software, Anda pasti pernah menemukan kesalahan, bukan? Anda harus terbiasa dengan dua kategori kesalahan. Berikut ini kesalahan yang sering terjadi ketika membuat aplikasi berbasis VBA. 

"Kesalahan selama runtime" adalah keadaan di mana sintaks atau kode tampaknya dibuat dengan benar, tetapi kesalahan masih terjadi ketika VBA mencoba menjalankan kode. Karena tidak mudah untuk menemukan sumber kesalahan semacam ini, debugging berulang kali diperlukan untuk menemukan akar permasalahannya.

Kesalahan dalam penulisan bahasa pemrograman menyebabkan program tidak beroperasi sebagaimana mestinya dan dikenal sebagai kesalahan sintaksis. Sebenarnya akan lebih mudah untuk memecahkan kode ini karena Editor Visual Basic akan menandai atau memberi petunjuk ke baris kode yang bermasalah.

4. Manfaatkan Referensi yang Diperoleh dari Komunitas

Terdapat beragam komunitas VBA yang dapat Anda ikuti. Mintalah bantuan di Komunitas VBA jika Anda mengalami masalah saat mencoba membuat aplikasi kasir dengan memanfaatkan bahasa pemrograman ini.

Anda dapat membaca semua yang ingin Anda baca di komunitas VBA tentang cara membuat aplikasi kasir menggunakan VBA di Microsoft Excel. Selain itu, terdapat source code atau contoh kode VBA siap pakai yang tersedia di internet. Anda dapat menggunakannya dengan salin dan tempel sesuai kebutuhan Anda.

5. Berkunjunglah ke Microsoft Office Developer Center

Jika Anda masih kesulitan mencari referensi yang sesuai untuk membuat software kasir menggunakan Excel, Anda dapat mengunjungi Microsoft Office Developer Center.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan referensi yang tersedia di menu Office Help. Untuk mengakses menu Office Help, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Pada aplikasi Microsoft Excel, klik menu "Help" atau cukup tekan tombol F1.
  • Di sebelah kanan tombol Search, klik menu drop-down berlabel "Developer Reference".
  • Pilih "Referensi Model Objek Excel".
  • Silakan eksplorasi dan pilih sesuai keinginan Anda.
Jika Anda tidak ingin ribet-ribet membuat aplikasi kasir bebasis Excel sendiri, Anda dapat menggunakan beragam software yang tersedia di internet. 

Aplikasi Kasir Berbasis Excel (Versi Gratis maupun Full Version)

Berikut ini adalah beberapa program kasir yang memanfaatkan software Excel. Anda dapat mengunduh baik versi gratis maupun versi full dari aplikasi-aplikasi tersebut. Mungkin Anda perlu merogoh kocek untuk mendapatkan fitur-fitur lengkap dari aplikasi yang akan kami bahas.

1. Kasir Portable

Software Kasir Portable adalah program kasir Excel pertama yang dapat Anda coba.

Seluruh fitur yang terdapat pada aplikasi ini dapat membuat pekerjaan kasir menjadi lebih mudah dan efisien. Hal ini menjadi salah satu dari sekian banyak keunggulan aplikasi ini.

Keunggulan yang lain adalah aplikasi ini memiliki fitur untuk mencatat transaksi pembelian dan penjualan tunai, non-tunai, dan temporer. Selain itu, Aplikasi ini memiliki fitur yang membantu manajemen utang dan piutang.

Aplikasi ini juga memiliki kemampuan lain seperti kemampuan untuk mengubah dan membatalkan transaksi, membuat laporan penjualan dan pembelian, laporan pendapatan, laporan penjualan terlaris, dan laporan stock opname.

Anda juga dapat mengekspor laporan ke berbagai format file, seperti Excel, PDF, Image, RTF, dan sebagainya. Hebatnya lagi, aplikasi kasir ini dilengkapi dengan fungsi yang dapat mencetak barcode dan label.

Sudah pasti pekerjaan yang berhubungan dengan transaksi pembelian dan penjualan akan lebih sederhana dan efisien dibandingkan jika dilakukan secara manual karena adanya beragam fitur mutakhir.

Namun, sebelum Anda membuat keputusan untuk memanfaatkan program ini, periksa untuk melihat apakah perangkat komputer atau laptop Anda kompatibel atau tidak.

2. Kasir Sederhana

Jika Anda mencari aplikasi kasir yang mudah dioperasikan, maka saran saya untuk Anda memanfaatkan aplikasi Kasir Sederhana. Aplikasi Kasir Sederhana adalah salah satu aplikasi kasir yang memanfaatkan Microsoft Excel.

Aplikasi ini memiliki fitur antarmuka pengguna grafis (dashboard) yang mudah, sehingga sangat cocok bagi Anda yang baru memulai bisnis.

Sebagai pemilik usaha, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk memberikan pelatihan kepada calon pekerja atau kasir Anda.

Program ini tidak hanya mudah dioperasikan, tetapi juga memiliki sejumlah fitur unik. Beberapa fitur tersebut mencetak catatan, membuat ringkasan omset, memasukkan produk, mengatur objek, menghapus database, dan banyak lagi.

Dapat dikatakan bahwa aplikasi ini cukup komprehensif untuk memenuhi tuntutan perusahaan Anda sehubungan dengan aktivitas pembelian dan penjualan yang terjadi.

3. Kasirku Versi 2

Aplikasi Kasirku V.2 adalah rekomendasi aplikasi kasir excel selanjutnya, dan sama bagusnya dengan yang sebelumnya.

Program ini merupakan versi kedua, dan sesuai namanya, hal ini menandakan bahwa ia memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan yang terdapat pada versi pertama.

Fitur apa saja yang disediakan oleh aplikasi Kasirku V.2?

Aplikasi ini memungkinkan transaksi tunai, memasukkan data barang, transaksi pembayaran, pencetakan label pengiriman, laporan pengeluaran dan pendapatan, kemampuan multi-pengguna, pembuatan laporan harian, mingguan, dan bulanan, fungsionalitas impor dan ekspor file, dan berbagai fitur menarik lainnya.

4. Kasirku Versi 3

Aplikasi kasir Excel Kasirku V.3 merupakan versi terbaru dari program Kasirku. Aplikasi ini merupakan kelanjutan dari aplikasi yang sudah ada sebelumnya.

Aplikasi Kasirku V.3 merupakan versi terbaru, sehingga memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap dari versi sebelumnya.

Sebagai permulaan, program ini menyediakan tampilan yang lebih ramah pengguna melalui penggunaan pintasan keyboard.

Selain itu, konsumen memiliki pilihan untuk memasukkan diskon barang secara manual atau otomatis.

Program ini memiliki beberapa fitur menarik yang dapat mempermudah pekerjaan kasir, seperti kemampuan untuk membuat label barcode, mengelola stok barang hingga 10.000 buah, dan masih banyak lagi.

5. Toko Retail

Aplikasi Toko Retail adalah rekomendasi  yang mungkin bisa jadi pilihan Anda. Salah satu keunggulan utama aplikasi ini adalah tampilannya yang lebih kekinian, sehingga lebih enak dilihat.

Sama seperti program-program lain yang telah kita bahas, aplikasi Toko Retail memiliki fungsi multi-pengguna yang memungkinkan beberapa orang untuk menggunakan perangkat lunak pada saat yang bersamaan.

Selain itu, Anda memiliki opsi untuk membuat sejumlah akun untuk kasir atau administrator. Anda dapat membuat nama pengguna dan kata sandi pada masing-masing akun.

Dengan Klik tombol "New", Anda dapat menambahkan akun baru ke dalam database Anda.

Selain itu, Anda juga dapat memasukkan harga barang, deskripsi barang, dan stok barang dengan cara yang tak kalah mudah.

6. Aplikasi Kasir

Aplikasi ini memberikan desain yang lebih sederhana, sehingga lebih mudah digunakan daripada program yang sebelumnya. Anda yang baru memulai dan belum pernah bekerja dengan aplikasi kasir sebelumnya pasti akan merasa cukup terbantu.

Anda tidak hanya akan menghemat uang, tetapi Anda juga akan menghemat waktu, yang akan memungkinkan Anda untuk lebih memfokuskan energi Anda pada pengembangan perusahaan Anda daripada belajar aplikasi kasir yang sulit digunakan.

Program ini menawarkan berbagai macam fitur, beberapa di antaranya adalah menu transaksi, menu keuntungan, menu data barang, menu cetak, dan isi data operator.

7. Aplikasi Kasir Excel VBA

Aplikasi kasir toko Excel adalah aplikasi terakhir yang kami rekomendasikan sebagai aplikasi kasir berbasis Excel.

Program ini juga bisa menjadi pilihan terbaik karena disertai dengan fitur-fitur inovatif yang memudahkan, mempercepat, dan mengefisienkan penanganan uang perusahaan Anda.

Jika Anda memiliki kemauan dan usaha yang lebih untuk membangun aplikasi kasir berbasis Excel, Anda dapat menggunakan VBA. Namun, bagi Anda yang tak ingin ribet, Anda dapat menggunakan beragam aplikasi kasir berbasis Excel yang dapat digunakan secara gratis, maupun berbayar.

Selamat mencoba!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url